Minggu, 08 Januari 2012

Praktek Rentenir, Perlu Diberantas (Bagian-2) : Melalui Penerapan Sanksi Pidana



Praktek Rentenir, Perlu Diberantas (Bagian-2)
# Melalui Penerapan Sanksi Pidana #
Oleh : Kardi Pakpahan*
            Dalam berbagai kesempatan, Rentenir awalnya datang bagai dewa penolong, ternyata pada akhirnya kerap mencekik atau menjerat para nasabah peminjam. Sehingga, ada ungkapan untuk oknum Rentenir bagai serigala berbulu domba, dan ada juga yang memaknai sebagai bentuk perampokan terselubung. Acap kali Rentenir mendatangi calon nasabahnya dengan penampilan yang emphatik, seperti menawarkan pinjaman dengan berbagai kemudahan, seperti tanpa menjanjikan adanya agunan, pokok pinjaman dan besarnya bunga tidak  tertulis atau kesederhanaan dan kepraktisan dalam melakukan transaksi pemberian pinjaman. Tetapi setelah beberapa waktu, penampilan Rentenir di hadapan nasabahnya sering kali  berubah menjadi kurang simpatik (karakter yang ambivalen), terutama tatkala nasabah peminjam sudah tidak mampu lagi membayar angsuran pinjaman, baik pokok maupun bunga.
Tindakan kurang simpatik itu ditandai dengan  tindakan yang diduga beraroma pemerasan dan pengancaman. Misalnya ada korban rentenir yang harus terpaksa atau dipaksa melepaskan hak kebendaannya, baik benda bergerak maupun benda tidak bergerak. Pada episode ini juga, ada Rentenir yang telah siap dengan formulir Surat Pernyataan  dan telah ditempel materai, yang harus diisi dan ditandatangani oleh si Peminjam di bawah pemaksaan dari si Rentenir, yang pada intinya mengakui jumlah pinjaman (yaitu akumulasi pokok dan  bunga yang tertunggak), serta menetapkan jangka waktu peminjaman yang singkat dengan bunga pinjaman yang relatif  tinggi, yang kalau dianalisa secara normal, bersarnya pinjaman dan jangka waktu dalam Surat Pernyataan itu sangat tidak mungkin dilunasi oleh si nasabah atau peminjam uang ke Rentenir, baik jumlahnya maupun dari sisi waktunya.
Seorang pedagang di Kabupaten Bantul, sebagaimana dilansir KRjogja.com, 24 Desember 2011, awalnya meminjam ke Rentenir sebesar Rp 1,5 Juta, setiap harinya harus membayar bunga Rp 140 Ribu, jika tidak bisa membayar menjadi pokok pinjaman, sehingga beberapa waktu kemudian utangnya menjadi Rp 13.800.000,-. Informasi yang lebih mengejutkan lagi, ada yang meminjam ke Rentenir Rp 45 Juta, jumlah hutangnya setelah beberapa tahun kemudian menjadi Rp 1,5 Miliar (Beritajatim.com, 7 Juli 2011).
Cerita  tentang korban rentenir dilansir pada Tempo.co, 22 Maret 2010. Di sana disebutkan, ratusan petani di Giriwoyo Wonogiri, Jawa Tengah terancam tidak bisa bercocok tanam lantaran lahan garapan mereka tergadai pada seorang Rentenir.

Penerapan Sanksi Pidana
Dari simpul-simpul peristiwa dalam berbagai episode praktek rentenir atau pelepas uang, khususnya yang ada didalamnya dugaan perbuatan melawan hukum, yang kerapkali merugikan anggota masyarakat peminjam uang, maka  kepada Rentenir dapat juga diterapkan beberapa sanksi pidana. Dua diantara delik pidana yang dimaksudkan akan diuraikan pada tulisan ini, yaitu pidana Pemerasan dan Ancaman serta Pencucian Uang, sedangkan yang lainnya akan dikedepankan pada tulisan berikutnya.
Perihal pemerasan dan pengancaman. Pada pasal 368 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), dikatakan :”Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat hutang atau menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun”.
Berdasarkan pasal 368 ayat 2 KUHP, sanksi pidana pemerasan dan ancaman itu masih dapat dikelompokkan 3 bagian. Pertama, diancam dengan pidana penjara paling lama 12 tahun,  1)  jika perbuatan dilakukan pada waktu malam dalam sebuah rumah atau pekarangan tertutup yang ada rumahnya, di jalan umum, atau dalam kereta api atau trem yang sedang berjalan;  2) jika perbuatan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu; 3) jika masuk ketempat melakukan kejahatan dengan merusak atau memanjat atau dengan memakai anak kunci palsu, perintah palsu; atau pakaian palsu; 4) Jika perbuatan mengakibatkan luka-luka berat.
Kedua, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun jika perbuatan mengakibatkan kematian.
Ketiga, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama dua puluh tahun, jika perbuatan mengakibatkan luka berat atau kematian dan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu. (catatan : beberapa waktu yang lalu, diduga Alm Irzen Okto meninggal karena ulah beberapa penagih hutang dari sebuah Bank).
Sekiranya dalam praktek rentenir terdapat unsur-unsur pidana sebagaimana yang dimaksudkan pada pasal 368 ayat 1 dan/atau ayat 2 KUHP, maka kepada Rentenir tersebut dapat diterapkan sanksi pidana tersebut untuk menegakkan hukum dan keadilan.
Pada prakteknya, Rentenir dalam menjalankan kegiatan usahanya mendapatkan penghasilan bunga dari para Peminjam atas perjanjian hutang piutang yang dilakukan. Masalahnya, diduga beban PPh (Pajak Penghasilan) atas bunga tersebut tidaklah disetorkan ke kas Negara, tetapi digunakan untuk  kegiatan lain seperti modal kerja usaha Rentenir atau diakumulasikan menjadi pokok pinjaman baru (convert loan to equity). Tentu, peristiwa demikian sudah masuk ranah pidana perpajakan.  Jika memang terjadi demikian, bisa juga dikenakan sanksi pidana dari tindak pidana pencucian uang atau money laundering.
Menurut pasal 3 UU No.8/2010 :”Setiap Orang yang menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas Harta Kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) dengan tujuan menyembunyikan atau menyamarkan asal usul Harta Kekayaan dipidana karena tindak pidana Pencucian Uang dengan pidana penjara paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)”. Sedangkan Tindak Pidana yang dimaksukan pada Pasal 2 ayat 1 UU No.8/2010, antara lain namun tidak terbatas pada bidang Perpajakan atau Tindak Pidana lain yang ancaman hukumanya 4 tahun atau lebih (termasuk tentunya kalau sumber dananya dari tindak pidana sebagaimana yang dimaksud pada  pasal 368 ayat 2 KUHP (Bersambung…).
(*Kardi Pakpahan, SH, Alumnus FH-UI & bekerja pada Law Firm OKP, dengan E-mail pada kardipakpahan@gmail.com)

21 komentar:

  1. tapi kenyataannya tidak pernah ada rentenir yang dijerat hukum atau pidana dengan pasal yg ADMIN sebutkan diatas,malah sebliknya si peminjam yang sering dijerat dengan pidana.bahkan aparat penegak hukum terkesan membela si rentenir.ngeri ah hukum di indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri ,anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No 0852-5777-6881. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI KUSUMO DI 0852-5777-6881. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      Hapus
  2. Benar sekali, saya setuju dgn anda, hukum di negara ini seperti pisau "tajam dibawah tumpul diatas" dan kecenderungan keadilan sangat sulit berpihak kepada rakyat kecil, semoga suatu saat para penegak hukum bisa menyadari ini.

    BalasHapus
  3. Bnrr bgt polisi2 nya malah mndukung renternir itu untuk mnjerat si peminjam ke pnjara...bgmna itu karna uang mereka malah berpihak pda yg brsalah

    BalasHapus
  4. Betul sekali pak,....Siap mendukung untuk MEMBERANTAS PARA RENTENIR.....

    masyarakat yg berekonomi lemah jadi sapi perahan para RENTENIR yg notabene dari kalangan Menengah

    BalasHapus
  5. Yg jadi masalah yg mau memberantas siapa? Terkadang ada juga si rentenir datang bersama aparat utk menakuti nasabah ...alamaakkkkk

    BalasHapus
  6. Yg jadi masalah yg mau memberantas siapa? Terkadang ada juga si rentenir datang bersama aparat utk menakuti nasabah ...alamaakkkkk

    BalasHapus
  7. human error antara peminjam dan rentenir..yang berantas sistem error..hadehhh

    BalasHapus
  8. Masalah ini harus segera ditindaklanjuti oleh pemerintah... karena diluar sana banyak orang-orang yg terjerat Akan masalah hutang pihutang. Teruatama hutang pihutang yg bunganya sangat bear, tentu itu sangat memberatkan rakyat kecil! Mereka meminjam uang pasti karen dalam keadaan yg mendesak.

    Apalagi ketika keadilan berpihak kepada siapa yg memiliki uang.. siapa yg memiliki uang maka dia Akan mendapatkan segalanya :v :v Hhaha lucu
    Jika seperti itu terus menerus kapan NEGARA ini akan MAJU!!

    Bagi para seluruh pejabat seharusnya kaliann jangan mementingkan ego kalian masing-masing.. yg pada akhirnya hanya Akan merugikan rakyat Dan negara!!!.. cobalah kalian sesekali memikirkan rakyat kalian yg SENGSARA!! Untuk aph hid up didunia dengan Harta yg melimpah tetapi hasil korupsi DLL :v ... Dijamin diakhirat lu merana :v
    SELAMAT MENUNGGU NERAKA WAHAY
    PARA PEJABAT Dan ORANG-ORANG YG MENYIMPANG!! :v

    BalasHapus
  9. kasihan paraip korban rentenir..spt yg sdg dialami temen sy

    BalasHapus
  10. kasihan paraip korban rentenir..spt yg sdg dialami temen sy

    BalasHapus
  11. memang jika berurusan dengan rentenir tak ada habis nya .....
    ada teman saya yang yang kejebak hutang dendan rentenir dia belum bisa bayar karena paktor ekonomi tp rentenir mendesak terus sampai teriak teriak di depan rumah kan malu jadinya ,,,,ge mana solusinya ya kasian juga dia nya.

    BalasHapus
  12. Perbankan jg lebih keji dr rentenir.. saya sudah 4 tahun lebih cicil utang 2.8 jt/bln... ketika saya cek sisa utang ternyata masih utuh 150 jt padahal agunkan sertifikat rumah atau SK kedinasan utk bs pinjam uang.. belum potong sana sini dll.. repot nya minta ampun.. jika kita complain tidak tau ke siapa kita harus complain krn mrk semua cuma bilang.. ini prosedur.. kami cm menjalankan tugas... kita tdk pernah puas jika ada keluhan.. tapi entah kenapa pengalaman ke rentenir cukup membantu..cuma modal percaya aja.. bisa pegang omongan.. bayar ontime.. saya sudah bbrp kali pengalaman mintol ke rentenir ini.. memang sih mereka rada kasar ngmongnya.. tapi aku bandingkan pngalaman drpd ke bank telat bbrp hari bayar sudah ancam akan sita agunan.. ngeri! Perbankan itu lebih keji drpd rentenir.. 😢😢

    BalasHapus
  13. Negara ini sudah krisis kepercayaan...
    Rentenir kenapa aman mungkinnn rentenir ditunggangi oleh para terhormat kita, atau memang mereka dibalik semua ini, seperti moto kampanye saja, manis, baik, dan islamic tau tau nya semua itu hanya kedok agar mereka bisa menjadi sampah Berseragam bersih dan wangi busuk...
    saya sangat kecewa kenapa tidak Undang2 yang menegasgan secara lantang kalau rentenir itu adalah perbankan Gelap yg bisa di pidana, makanya kalo bekerja itu pakai hati dan pengalaman bikan pakai uang yang bisa membuat anda kebangku terhormat disana, supaya anda bekerja sesuai inspirasi rakyat bukan sekedar kepentingan atau mengisi waktu kekosongan anda doang baoa bapa terhormat...

    BalasHapus
  14. Halo, saya mrs kelly, perusahaan pinjaman besar swasta, apakah Anda berada di utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga memberikan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, Tahun Baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya cenderung untuk perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (kellywoodloanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan yang Anda butuhkan.
    Terima kasih dan memberkati Allah
    Ibu Kelly

    BalasHapus
  15. Yang harus berhti hati disini adalah masyarakat yang suka minjem di rentenir, kalau sudah tau itu merugikan yaudah gaush minjem,. Klo rentenir mah udah ada aturanya juga Aturan itu terdapat dalam pasal 1765 KUH Perdata yang menyebutkan “bahwa adalah diperbolehkan memperjanjikan bunga atas pinjaman uang atau barang lain yang habis karena pemakaian”.

    BalasHapus
  16. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  17. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda, Anda perlu meminjam uang untuk meningkatkan komersialisasi organisasi Anda? Atau Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan, atau tidak? Anda perlu berbagi beban pinjaman atau hipotek? Anda memiliki lokasi yang tepat untuk utang Anda di sini! Hollings Oz pinjaman perusahaan pinjaman kepada orang-orang terkenal - dan terkenal.
    Manfaat yang rendah dan dapat diterima dari 2% tanpa colerteral.
    Silahkan hubungi kami di E-mail kami hari ini jika Anda perlu meminjam Email urget: Hollingsozloanfirm@gmail.com.

    BalasHapus
  18. Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri ,anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No 0852-5777-6881. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI KUSUMO DI 0852-5777-6881. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    BalasHapus
  19. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  20. Halo, aku mr Recardo, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Recardoroland.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus