Jumat, 06 Januari 2012

Praktek Rentenir, Perlu Diberantas (Bagian-1)


Praktek Rentenir, Perlu Diberantas (Bagian -1)
Oleh : Kardi Pakpahan*
            Praktek rentenir dapat dikatakan merupakan salah satu problema sosial dalam sistem sosial di banyak kawasan di nusantara dari dulu  hingga akhir-akhir ini. Dikatakan demikian, karena banyak praktek kegiatan pelepas uang atau rentenir yang merugikan masyarakat yang menggunakan pinjaman uang dari rentenir. Dibanyak peristiwa yang terjadi, masyarakat yang mempergunakan pinjaman uang dari rentenir beberapa diantaranya  berada pada posisi yang dikalahkan dan dirugikan.
            Rentenir, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),  adalah orang yg mencari nafkah dengan membungakan uang atau  tukang riba, yang dikenal juga dengan sebutan pelepas uang atau lintah darat. Ada beberapa simpul penting tentang rentenir yang perlu dikedepankan. Sebagian diantaranya, disampaikan pada uraian berikut.
            Pertama, larangan melakukan usaha pelepas uang. Pada pasal 1 Undang-undang Pelepas Uang atau Geldscheiter Ordanantie (S.1938 : 523), yang berlaku hingga saat ini, sesuai dengan ketentuan pasal II Aturan Peralihan UUD 1945, menyatakan :”Dilarang melakukan usaha pelepas uang tanpa izin dari Pemerintah”. Saat ini usaha-usaha yang bisa memberikan kredit serta mendapatkan izin untuk kegiatan usahannya, kepada masyarakat adalah Perbankan (baik bank umum maupun BPR), Perusahaan Pembiayaan, Koperasi Simpan Pinjam, dan beberapa lembaga keuangan mikro. Tentu, saat ini di sini diperkirakan tidak ada rentenir yang memiliki izin dari Pemerintah untuk menjalankan usahannya.
            Kedua, batal demi hukum. Seperti yang telah diketahui, syarat sahnya perjanjian telah diatur pada  pasal 1320 Kitab Undang-undang Hukum Perdata atau Burgerlijk Wetboek. Sahnya Perjanjian ditentukan oleh 4 hal, yaitu : a) adanya kata sepakat; b) Dewasa; c) hal tertentu; d) sesuatu yang halal atau tidak melanggar peraturan perundang-undangan. Dengan demikian, perjanjian yang dibuat oleh Rentenir, yang tidak memiliki izin, dengan Peminjam Uang, bisa batal demi hukum, karena tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
            Ketiga, larangan bagi Notaris. Sesuai dengan pasal 14 Undang-undang Pelepas Uang, Notaris dilarang membuat akta atas pengakuan hutang dan mengeluarkan grose aktanya untuk Perjajian Hutang Piutang dengan seseorang Rentenir atau Pelepas Uang. Kalau dicermati dalam kegiatan usaha rentenir selama ini, khususnya yang masuk ke proses pengadilan, disinyalir ada  akta pengakuan hutang atau perjanjian kredit dan grose aktanya yang dibuat oleh notaris. Hal tersebut tentunya bisa batal demi hukum.
            Keempat, Rentenir atau lintah darat sebagai satu satu bentuk “penyakit  masyarakat”. Pada pasal 15 ayat 1c UU No.2/2002 tentang Kepolisian Negara RI, dikatakan “Dalam rangka menyelenggarakan tugas  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 dan 14 Kepolisian Negara Republik Indonesia secara umum berwenang  mencegah dan menanggulangi tumbuhnya penyakit masyarakat”. Menurut Penjelasan pasal 15 ayat 1c UU No.2/2002, sebagaimana yang dimuat pada Tambahan Lembaran Negara RI No. 4168,  yang dimaksud dengan "penyakit masyarakat" antara lain pengemisan dan pergelandangan, pelacuran, perjudian, penyalahgunaan obat dan narkotika, pemabukan, perdagangan manusia, penghisapan/praktek lintah darat, dan pungutan liar. Oleh karena itu, sebetulnya, adalah bagian dari tugas kepolisian untuk mencegah dan menanggulangi masalah rentenir atau praktek lintah darat.
            Dari uraian di atas maka dapat dikatakan bahwa praktek rentenir haruslah diberantas. Dan pada saat yang sama, lembaga-lembaga keuangan yang ada, baik perbankan atau non perbankan, perlu meningkatkan pelayanannya, seperti penyaluran dana atau kredit  pada produk  keuangan mikro, kecil dan menengah, pada seluruh segmen pasar di seluruh kawasan nusantara.
 Dalam tulisannya yang berjudul :”Pemberantasan Rentenir sebagai Perwujudan Pemerataan Keadilan”, Prof. Z.Asikin Kusumah Atmaja, SH, yang dimuat  di Varia Peradilan Tahun II, Nomor 17, Februari 1987, mencantumkan 3 pertanyaan penting sehubungan dengan praktek rentenir, yaitu : 1) Apakah kita yakin bahwa praktek rentenir harus diberantas karena tidak sesuai dengan kesadaran hukum bangsa Indonesia ? 2) Apakah hukum sebagai suatu “living institution” mampu untuk memberantas praktek rentenir  ? 3) Apakah kita sanggup memberi isi kepada hukum yang berlaku sehingga pada umumnya mampu mengayomi masyarakat dan khususnya mampu memberantas praktek rentenir ? Pada tulisan tersebut, pada bagian  ulasannya Prof. Z. Asikin Kusumah Atmadja, SH mengedepankan : Dengan demikian segala sesuatu tergantung kepada kita sendiri, kalau semua pertanyaan dijawab secara positif maka tidak ada Notaris yang akan membuat Perjanjian yang bersifat rentenir; tidak ada Pengacara yang bersedia membela seorang rentenir dan Hakim selalu akan menolak gugatan yang diajukan seorang rentenir (Bersambung….)
(*Kardi Pakpahan adalah Alumnus FH-UI & Bekerja pada Law Firm OKP – Email : kardipakpahan@gmail.com)

9 komentar:

  1. Salam Pak Kardi
    terimakasih atas uraian bapak di atas, saya sangat setuju dengan bapak, karena orang tua saya juga kena rentenir pak Kardi, saya juga orang batak dengan marga Hasibuan. hehehe
    oiya pak,, orang tua saya sudah terlanjur kena jeratan rentenir dengan meminjam uang 5juta dan bunga 20% perbulan. org tua saya meminjam karena terpaksa untuk uang berobat adek saya klo tidak saya bisa meninggal pak. orang tua saya sudah sering bayar bunganya tiap bulan, tapi orang tua saya sudah tidak sanggup membayar, suadah dua tahun sehingga bunganya sudah lebih besar dari uang yang dipinjam, apa menurut bapak yang harus saya lakukan pak?
    kalau untuk membayar yang 5 jt saya sanggup pak,, tapi untuk membayar bunganya saya tidak sanggup pak.. tolong bantu dan jelaskan ya pak....

    BalasHapus
  2. ibu saya pernah terjerat renternir bangsat itu, dia hanya meminjam 5 juta dan terakhir nilai bunga menjadi 30 juta...total dari 3 renternir yang dia hutangi waktu itu plus bunga nilainya 100 juta...saya kaget bukan kepalang..
    langkah2 yang saya ambil adalah mencari pinjaman baik dari sahabat2 tanpa bunga dalam arti mencari pinjaman dengan modal kepercayaan, karena waktu itu terus terang saya tidak memiliki uang sebesar itu, kemudian melepas aset seperti mobil dan motor..setelah itu saya meminjam koperasi perusahaan dengan potongan gaji saya dan akhirnya saya harus legowo memulai hidup dari nol lagi,,,tapi demi ibu tak apalah,,,walaupun nilai ikhlas d hati belum tercapai secara penuh...saya hanya merasa beruntung karena saya belum menikah, karena jika saya sudah menikah pasti saya tidak bisa menggadaikan harta saya utk orang tua

    BalasHapus
  3. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. hubungi Mr Mr James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. hubungi Mr Mr James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Salam pak Kardi,
    saya ingin bertanya tentang satu hal, apakah pemerintah berhak untuk memberikan izin kepada salah satu rentenir, dasar hukum apa yang digunakan, saya bertanya demikian karena didaerah saya ada salah satu rentenir (sebut saja bukan instansi perbankan atau koperasi) yang mengelola usahanya hanya berkedok Toko, tapi didalamnya mengelola usaha miliayaran rupiah dari usaha meminjamkan uang. memang sih untuk meminjam tidak dibutuhkan banyak persyaratan yang penting peminjam itu PNS pasti diutamakan dengan bunga pinjaman 15% perbulan, menurut pak Kardi apakah sah usaha tersebut atau memang cuma disah2kan saja oleh pemerintah.... saya tunggu balasannya dari Lukman Gaib email : cassowari.seven@gmail.com

    BalasHapus
  6. salam hormat,

    undang-undang nomor berapa tentang pelepasan uang??? knp beda ketentuan aturan peralihan pasal II UUD 45 yang anda katakan dengan aturan Peralihan UUD 45 yang ada

    mohon penjelasannya di t_adi86@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. Selamat Datang di PETERSON PINJAMAN AGENCY
    perusahaan
    (A Layanan Personalized untuk Semua Kebutuhan Keuangan Anda)
    Kami, Penyedia Liberal Perusahaan Investasi menawarkan pinjaman
    pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan Pribadi
    pinjaman, pinjaman hutang konsolidasi, Modal Ventura,
    Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Home Loan, dan
    Pinjaman untuk alasan apapun dan kebutuhan mendesak !. dengan
    durasi maksimal 30 tahun.
    Apakah Anda pernah ditolak oleh bank Anda? Apakah Anda
    memiliki kredit buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda di
    utang? Apakah Anda perlu mendirikan sebuah bisnis? khawatir tidak
    lebih seperti kita di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah.
    Pinjaman kami berkisar dari $ 5.000 USD (Lima Ribu US
    dolar) untuk
    $ 50, 000,000.00. (Lima puluh juta dolar AS). Kami juga
    meminjamkan di Amerika Serikat DOLLAR EURO dan POUND! Isi formulir ini dan meneruskannya ke email kami:
    PETERSONLOANAGENCY@GMAIL.COM
    1 nama lengkap Anda: _______
    Alamat 2 Kontak: _______
    3 Negara Tempat Tinggal: ______
    4. Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: ________
    5. Duration: _____
    6 Jenis kelamin: _____
    7 Pekerjaan: ________
    8 Bulanan Penghasilan: _______
    9. Tanggal Lahir: ________
    10.Telephone Nomor: ________
    11 Tujuan pinjaman: _________


    Hormat Dalam Layanan,
    MR PERRY,
    PETERSONLOANAGENCY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  8. Apakah Anda perlu 100% Keuangan? Aku dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit
    Masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 3%. apapun Anda
    situasi, bekerja sendiri, pensiun, memiliki peringkat kredit yang buruk, kita
    bisa membantu. Pembayaran yang fleksibel lebih dari 3 sampai 20 years.Contact kami
    at: jenniferrjohn536@gmail.com

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Kontak Alamat: .......................
    3.Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ....................
    4. Durasi Pinjaman ...................
    5. Nomor Telepon Langsung: .................

    Salam,
    Mrs.Istriyah Dawi.

    BalasHapus
  9. Halo, saya Mrs.Chloe, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: chloemorrisloan@gmail.com atau chloemorrisloanfirm@financier.com

    BalasHapus